Q29m3L1bEbNa1DvLKCgrnmUf9Aoon6rxknH75VNa
Bookmark

Cara Kerja Algoritma FYP TikTok Terbaru

FYP adalah kependekan dari "For You Page", yaitu halaman rekomendasi pada aplikasi TikTok yang akan muncul pertama kali setiap kali pengguna membuka aplikasi TikTok.

FYP menampilkan video-video yang sedang viral dengan jumlah viewers yang banyak. Konten-konten yang muncul di FYP berdasarkan dengan minat dan kebiasaan setiap penggunanya.

Apakah kamu penasaran bagaimana cara kerja algoritma FYP TikTok? Algoritma ini merupakan salah satu faktor penting yang menentukan apakah videomu akan dilihat oleh banyak orang atau tidak. 

Nah, di artikel ini, kita akan membahas cara kerja algoritma fyp tiktok secara lengkap. Yuk, disimak penjelasannya!


Cara Kerja Algoritma FYP TikTok

algoritma tiktok 2023

Algoritma TikTok adalah sistem kompleks yang didesain untuk menyajikan konten kepada pengguna berdasarkan ketertarikannya. 

Algoritma TikTok bekerja berdasarkan minat dan ketertarikan pengguna, sehingga FYP yang dimiliki setiap pengguna akan berbeda-beda. 

Faktor yang mempengaruhi algoritma TikTok antara lain adalah interaksi pengguna, informasi video, tren, preferensi audiens, lokasi, perangkat yang digunakan, dan preferensi bahasa. 

Namun, ada beberapa faktor yang diketahui memengaruhi penempatan video di FYP. Yuk, pelajari faktor-faktor tersebut!


Faktor-faktor yang Memengaruhi Penempatan Video di FYP

Jika konten TikTok dapat masuk FYP maka berpotensi akan mendapatkan lebih banyak suka atau like dan pengikut yang banyak. 

Ada beberapa faktor yang memengaruhi penempatan video di FYP TikTok, seperti engagement atau keterlibatan pengguna terhadap video, keaslian dan orisinalitas konten, dan preferensi tontonan.

Untuk meningkatkan peluang konten TikTok masuk FYP, pengguna dapat memahami algoritma TikTok, membuat konten menarik, menggunakan tagar yang relevan, mengatur lokasi, negara, dan preferensi bahasa, serta berinteraksi dengan pengguna lain. 

Selain itu, pengguna juga dapat mengunggah video pada jam ramai atau prime time, menggunakan efek dan filter yang menarik, dan mengikuti tren dan challenge yang sedang populer.


Jadwal FYP TikTok

Jadwal FYP TikTok 2023 dapat membantu pengguna TikTok untuk menentukan waktu yang tepat untuk mengunggah konten agar lebih banyak dilihat orang dan berpotensi masuk halaman FYP. Berdasarkan beberapa sumber, berikut adalah jadwal FYP TikTok 2023 untuk hari Senin hingga Minggu:

  1. Senin: 09.00, 12.00-13.00, 17.00, dan 21.00-22.00
  2. Selasa: 13.00, 15.00-16.00, 19.00-20.00, dan 21.00
  3. Rabu: 11.00, 12.00, 19.00, 20.00-21.00, dan 22.00
  4. Kamis: 12.00, 16.00, 19.00, 21.00, dan 22.00
  5. Jumat: 11.00-12.00, 19.00-22.00
  6. Sabtu: 09.00-11.00, 19.00-21.00
  7. Minggu: 07.00-11.00, 08.00, 12.00, 16.00-21.00

Namun, perlu diingat bahwa jadwal FYP TikTok dapat berbeda-beda tergantung dari demografi, lokasi, dan jam aktif audiens di wilayah tempat tinggal pengguna.


Kenapa algoritma TikTok berubah?

Bagaimana sistem algoritma TikTok

Algoritma TikTok berubah karena TikTok terus mengembangkan dan memperbarui algoritmanya untuk menyajikan konten yang relevan bagi pengguna. 

Pada tahun 2021, TikTok mengubah algoritmanya untuk mendorong pengguna mengikuti orang yang mereka kenal di kehidupan nyata. 

Sebelumnya, algoritma rekomendasi aplikasi ini mendorong video hanya berdasarkan kebiasaan menonton pengguna. Namun, algoritma ini kemungkinan akan berubah drastis. 

Banyak pengguna dan pembuat TikTok mulai mengeluh bahwa aplikasi tersebut mengubah algoritma rekomendasinya untuk mencoba dan menghubungkannya dengan orang yang mereka kenal di kehidupan nyata. 

Apa dampak dari perubahan algoritma tiktok pada pengguna

Perubahan algoritma TikTok dapat berdampak pada pengguna dalam beberapa hal, antara lain:

1. Konten yang relevan 

Dengan adanya perubahan algoritma, TikTok dapat menyajikan konten yang lebih relevan bagi pengguna. Hal ini dapat meningkatkan pengalaman pengguna dalam menggunakan aplikasi TikTok.

2. Pengaruh pada bisnis

Perubahan algoritma TikTok dapat mempengaruhi bisnis yang menggunakan platform ini untuk mempromosikan produk mereka. Bisnis harus memperhatikan algoritma TikTok agar konten mereka dapat masuk ke halaman For You Page (FYP) dan mendapatkan lebih banyak views.

3. Pengaruh pada pembuat konten

Perubahan algoritma TikTok dapat mempengaruhi pembuat konten dalam menciptakan konten yang sesuai dengan preferensi pengguna. Pembuat konten harus memperhatikan algoritma TikTok agar konten mereka dapat masuk ke halaman FYP dan mendapatkan lebih banyak views.

4. Pengaruh pada interaksi pengguna 

Algoritma TikTok dapat mempengaruhi interaksi pengguna dengan konten yang mereka lihat. Pengguna dapat melihat konten yang lebih relevan dan menarik bagi mereka.

5. Pengaruh pada preferensi pengguna

Algoritma TikTok dapat mempengaruhi preferensi pengguna dalam memilih konten yang mereka lihat. Pengguna dapat melihat konten yang lebih sesuai dengan minat dan kebutuhan mereka.

Perubahan algoritma TikTok tidak selalu berdampak positif bagi semua pengguna. Beberapa pengguna mungkin merasa tidak nyaman dengan perubahan tersebut atau merasa bahwa konten yang mereka sukai tidak lagi muncul di halaman FYP mereka.


Cara Memperbaiki Algoritma Tiktok

cara melihat algoritma tiktok

Algoritma ini terus berkembang dan diperbarui untuk menyajikan konten yang relevan bagi pengguna. Untuk memperbaiki algoritma TikTok agar video Anda masuk ke FYP pengguna lain dan mendapat banyak views, kamu bisa memperhatikan beberapa hal berikut:

  1. Gunakan Hashtag yang Relevan
  2. Tulis Caption Singkat
  3. Tambahkan Efek yang Menarik
  4. Konsisten dalam Membuat Konten yang Berkualitas
  5. Gunakan Musik yang Populer
  6. Perhatikan Lokasi
  7. Interaksi Pengguna
  8. Kedekatan dalam Algoritma
  9. Konten yang Berkualitas
  10. Gunakan Akun Pro TikTok
  11. Membuat Konten yang Menarik
  12. Membuat Konten yang Unik dan Berbeda
  13. Mengikuti Tren Terbaru
  14. Menggunakan Influencer Marketing
  15. Menggunakan Iklan TikTok.

Namun, perlu diingat bahwa tidak ada formula pasti untuk dapat menyesuaikan strategi TikTok marketing dengan algoritma TikTok. Kamu bisa menerapkan beberapa tips di atas sebagai upaya untuk membuat TikTok memprioritaskan konten-konten dari akun kamu.


Posting Komentar

Posting Komentar